Sabtu, 22 Mei 2010

  • Peserta Ujian Kuliah Negeri Membeludak!

    AKARTA - Minat para siswa masuk kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat tinggi. Tahun ini tercatat 126.404 siswa mengikuti Ujian Masuk Bersama (UMB) PTN 2010. Jumlah ini naik sekitar 51 ribu dari 74.544 siswa peserta UMB-PTN tahun lalu.

    Demikian disampaikan Sekretaris Perhimpunan SPMB Nusantara (PSPMBN) Prof Dr Sutjipto, dalam keterangan persnya hari ini di Sekretariat PSPMBN Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Sabtu (22/5/2010).

    "Alhamdulillah pelaksanaan UMB hari ini berjalan lancar," papar Sutjipto.

    Dijelaskan Sutjipto keketatan kompetensi memasuki PTN tahun ini meningkat, dari 1:9 tahun lalu menjadi 1:12. Ini berarti satu orang siswa harus bersaing dengan dua belas siswa lainnya untuk masuk PTN.

    UMB-PTN 2010 digelar serntak di dua belas PTN di seluruh Indonesia, yaitu Universitas SyiahKuala (Unsyiah), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Makassar, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (Unand), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Palangkaraya (Unpar).

    "Pelaksanaan UMB adalah salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru. Banyaknya jalur yang dibuka adalah untuk memberi banyak kesempatan bagi calon mahasiswa untuk masuk PTN," papar Rektor UNJ Prof. Bejo Sujanto sebagai penanggungjawab UMB-PTN 2010.

    Khusus di Jakarta, tercatat 37.463 siswa yang mengikuti UMB-PTN 2010 begitu juga di Medan, tercatat 35.676 siswa. (rhs)
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Search....

    Doa Seorang Anak Pada Saat Wisuda Mahasiswa/i Medicom

    ingin memberikan komentar tentang video ini, Silahkan klik disini». Terima Kasih

    Copyright @ 2013 Sahabat Medicom.