Sabtu, 17 April 2010

  • Lagi Laku, Banyak Perguruan Tinggi Buka Jurusan TI

    detikINET - Apa yang laku, itu yang dibuat. Hukum pasar ini juga berlaku bagi dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini membuat banyak perguruan tinggi membuka jurusan yang berkecimpung dengan dunia komputer tersebut.

    Berdasarkan data Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah IV Jabar, saat ini terdapat sekitar 160 perguruan tinggi yang memiliki program studi informatika di Tanah Pasundan. Dimana 60 di antaranya berada di kota Bandung dan sekitarnya.

    "Sekarang informatika secara umum sedang booming. Bahkan sekarang setiap kabupaten kota di Jabar sepertinya memiliki pendidikan informatika," tutur Solikin, Sekertaris Aptikom IV Jabar saat berbincang dengan detikINET.

    Kondisi ini, diakui Solikin, sama dengan saat ekonomi menjadi primadona di perguruan tinggi. "Sama lah. Kalau dulu ada ujian nasional dan ekonomi menjadi primadonanya. Maka sekarang adalah informatika," ungkapnya.

    Solikin mengaku bahwa kebutuhan industri akan tenaga informatika saat ini sangat besar. Namun dirinya juga tidak menyangkal jika masih ada kesenjangan antara industri dengan perguruan tinggi.

    "Untuk memenuhi kebutuhan tenaga informatika di lingkungan instansi pemerintahan saja cukup besar. Di lingkungan Pemprov Jabar saja, saya hitung kira-kira butuh sekitar 6.000 tenaga informatika. Belum lagi kebutuhan untuk instansi swasta dan lainnya. Tapi memang masih ada kesenjangan antara industri dengan kampus. Ini yang harus dicari solusinya," katanya.

    Di tempat yang sama, VP Akademic Politeknik Telkom, Christanto Triwibisono mengaku bahwa kesenjangan antara industri dengan kampus seharusnya bisa diakali dengan membangun kerja sama yang produktif. Misalnya dengan mengadakan program kerja magang selama 1 semester atau juga dengan penelitian.

    "Sebenarnya tugas akhir mahasiswa kan bisa berupa produk. Tinggal bagaimana industri ini mengarahkan keinginannya mau kemana," tandasnya.
  • 0 komentar:

    Poskan Komentar

    Search....

    Doa Seorang Anak Pada Saat Wisuda Mahasiswa/i Medicom

    ingin memberikan komentar tentang video ini, Silahkan klik disini». Terima Kasih

    Copyright @ 2013 Sahabat Medicom.