Sabtu, 17 April 2010

  • Komputer Super Terinspirasi Otak Kucing

    DetikiNet.Com - Kucing dikenal lebih cepat mengidentifikasi sebuah wajah. Inilah yang menginspirasi seorang ahli komputer dari Universitas Michigan, Wei Lu, untuk membuat sebuah komputer super cepat.

    Mesin komputer ini diharapkan mampu mempelajari dan mengenali obyek sebaik mengambil keputusan yang sulit dan melakukan tugas secara bersamaan lebih dari yang komputer biasa lakukan.

    Lu sebelumnya telah membangun 'memristor', yakni sebuah perangkat yang menggantikan transistor komputer dan bertindak seperti memori biologis untuk mengingat masa lalu.

    Sekarang, ia menunjukkan 'memristornya' bisa menghubungkan sirkuit konvensional dan mendukung proses yang mendasari memori dan pembelajaran dalam sistem biologi. "Kami membuat komputer yang dapat bekerja layaknya otak bekerja," kata Lu.

    "Idenya adalah menggunakan paradigma yang berbeda, tidak sama seperti membuat komputer biasa. Penggunaan dasar otak kucing adalah hal yang rasional karena lebih simpel daripada otak manusia walau masih sulit untuk meniru kompleksitas dan efisiensinya," ujar asisten profesor itu.

    Sebagian besar komputer canggih saat ini sebetulnya dapat melakukan tugas-tugas tertentu layaknya otak kucing. Tetapi tetap saja 83 kali lebih lambat. Padahal sudah menggunakan lebih dari 140.000 CPU dan sumber daya lain.

    Dalam proyek ini akan dikembangkan sistem yang bisa mengenali obyek yang dilihatnya. Sehingga bila obyek tersebut pindah, komputer masih bisa mengenalinya. Itulah yang diharapkan dari komputer yang terinspirasi otak kucing.

    Semoga saja teknologi baru ini bisa bermanfaat dan tentunya memperkaya khazanah ilmu pengetahuan teknologi kita, demikian dilansir Bignews Network
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Search....

    Doa Seorang Anak Pada Saat Wisuda Mahasiswa/i Medicom

    ingin memberikan komentar tentang video ini, Silahkan klik disini». Terima Kasih

    Copyright @ 2013 Sahabat Medicom.